Selasa, 28 Februari 2017

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae




Gymnospermae
Angiospermae
Alat reproduksi
Strobilus
Bunga
Pembuahan
Tunggal
Ganda
Bentuk daun
Kaku, sempit
Bervariasi
Ovarium
-
Punya
Biji ditutupi
-
Oleh daun buah
Batang
Berkambium
Monokotil: tidak berkambium
Dikotil: berkambium
Akar
Tunggang
Monokotil: serabut
Dikotil: tunggang

1. Alat Reproduksi
Alat reproduksi pada gymnospermae adalah strobilus (kumpulan sporofil yang membentuk struktur berupa kerucut pada ujung tunas fertil/ujung cabang). Alat reproduksi pada angiospermae adalah bunga yang terdiri dari putik dan benang sari.
2. Pembuahan
Proses pembuhan pada tumbuhan gymnospermae berupa pembuahan tunggal dimana hanya terjadi satu kali pembuahan antara ovum (n) dan sperma (n). Pada pembuahan tunggal hanya terdapat satu sel sperma yang membuahi satu sel telur sehingga membentuk zigot.
Proses pembuahan pada tumbuhan angiospermae berupa pembuahan ganda, yaitu pembuahan yang berlangsung dua kali yaitu, 1) spermatozoa 1 membuahi ovum menghasilkan zigot (2n) yang berkembang menjadi biji, 2) spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder menghasilkan endospermae (3n) yang akan menjadi daging buah.
3. Bentuk Daun
Bentuk daun tumbuhan gymnospermae adalah kaku dan sempit.
Bentuk daun tumbuhan angiospermae pipih dan lebar dengan susunan tulang daun yang bervariasi.
4. Ovarium
Tumbuhan gymnospermae tidak memiliki ovarium. Sedangkan tumbuhan angiospermae memiliki ovarium berupa putik.
5. Biji Ditutupi
Biji pada tumbuhan gymnospermae tidak ditutupi sehingga dapat terlihat dari luar di antara daun-daun. Sedangkan biji pada tumbuhan angiospermae tertutupi oleh daginn buah sehingga tidak dapat dilihat dari luar.
6. Batang
Semua batang tumbuhan gymnospermae berkambium. Sedangkan batang tumbuhan angiospermae ada yang berkambium dan ada juga yang tidak berkambium. Tumbuhan dikotil memiliki kambium sedangkan tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium.
7. Akar

Semua tumbuhan gymnospermae berakar tunggang. Sedangkan tumbuhan angiospermae akarnya ada yang berakar tunggang (dikotil) dan berakar serabut (monokotil).


EmoticonEmoticon