Selasa, 07 April 2015

ALAP – ALAP SI PEMBURU UDARA YANG HANDAL



Alap-alap atau dalam bahasa Inggrisnya Falcon adalah jenis burung pemangsa dari famili Falconidae. Kata Falcon sendiri berasal dari kata Falx yang berarti sabit. Burung ini berbeda dengan Elang dan Rajawali, alap-alap mempunyai sayap yang lebih sempit dan runcing, paruhnya lebih pendek dan melengkung, serta memiliki cakar membulat, iris matanya gelap serta gaya terbang alap-alap lebih cepat dan lebih akrobatis jika dibanding dengan burung Elang ataupun burung Rajawali.
Burung alap-alap mempunyai kecepatan melebihi burung elang. Hal ini disebabkan karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung elang. Karena berat tubuh yang ringan dan struktur tubuh yang sangat aerodinamis, burung Alap-alap tidak hanya mampu terbang dengan cepat, tetapi juga mampu bergerak dengan berbagai manuver. Alap alap merupakan hewan tercepat, kecepatan burung alap-alap saat terbang dapat mencapai 320 km/jam. Kecepatan ini sama dengan kecepatan seorang pembalap motor GP saat sedang berlomba. Selain itu, gaya akrobatik alap-alap merupakan inspirasi dari pembuatan pesawat tempur modern seperti pesawat Falcon yang dibuat oleh Amerika.
Seperti halnya kelompok burung pemangsa yang terbang di udara, mata alap-alap juga mempunyai akurasi yang tinggi. Alap-alap mempunyai daya penglihatan yang tajam dan memiliki akurasi 2.6 kali mata manusia. Tidak heran, meskipun berada di tempat tinggi, alap-alap tetap bisa melihat mangsanya dengan jelas. Adapun makanan alap-alap ialah burung lain yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil darinya, mamalia kecil, reptil, serangga, bangkai, anak ayam, dan yang lainnya.
Selain bisa melakukan serangan terhadap mangsa di darat, burung alap-alap mampu melakukan penyergapan terhadap burung lain di udara dari segala sisi. Ini adalah salah satu keunggulan dari burung alap-alap yang memiliki kemampuan untuk berburu di udara.
Alap-alap adalah sahabat bagi petani karena mereka memangsa tikus sawah. Alap-alap juga dapat dijadikan peliharaan bila dilatih sejak kecil dengan sabar, namun sepertinya bakal berurusan dengan pihak yang berwajib karena saudara Elang ini termasuk hewan yang dilindungi.


EmoticonEmoticon