Sabtu, 21 November 2015

ALPAKA, BERBULU MIRIP WOL

Tahukah kamu apa itu alpaka? Alpaka adalah binatang menyusui yang berasal dari Amerika Serikat. Binatang ini menyerupai Llama. Akan tetapi Alpaca tidak sama dengan Llama. Alpaka memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada Llama. Alpaka juga tak digunakan sebagai hewan pengangkut, tapi hanya dimanfaatkan bulunya. Bulu Alpaka memiliki serat yang mirip dengan wol. Serat ini biasanya digunakan untuk membuat rajutan dan anyaman seperti selimut, sweater, topi, sarung tangan, syal, sebagai tekstil, sweater, kaus kaki, dan mantel di bagian lain dunia. Serat Alpaka diklasifisakan menjadi lebih dari 52 warna alami.
Alpaka dapat ditemukan di Argentina bagian utara. Hewan ini mirip yang sama dengan Unta dan Llma, yaitu famili Camelidae. Alpaka biasanya akan digembalakan di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 3.500 sampai 5.000 meter di atas permukaan laut. Hewan ini telah dijinakkan selama ribuan tahun oleh orang-orang Moche dari Peru utara dan sampai saat ini tidak ada Alpaka liar yang diketahui.
Umumnya Alpaka dewasa memiliki tinggi antara 81 sampai 99 cm. Sedangkan berat Alpaka biasanya antara antara 48 sampai 84 kg. Masa kawin pada Alpaka tidak menentu, kapan musim kawin untuk Alpaka hanya ditentukan oleh Alpaka Betina sendiri. Biasanya, Alpaka jantan akan mulai berkembangbiak saat umurnya mencapai 2 atau 3 tahun, sedangkan untuk Alpaka betina akan mulai berkembangbiak setelah umurnya lebih dari 18 bulan. Alpaka betina umumnya hanya melahirkan satu anak setelah mengandung selama 11,5 bulan. Alpaka dapat mencapai umur 20 tahun jika dipelihara dengan baik.
Gambar Alpaka yang bulunya telah dipotong

Alpaka merupakan hewan herbivora. Makanan utamanya adalah rumput. Meskipun memiliki leher yang panjang, Alpaka tidak suka mengambil dedaunan yang ada di pohon. Ia lebih suka makan rumput. Selain rumput, Alpaka juga dapat makan rumput yang telah kering dan juga ranting. (Penulis: Hotimah)


EmoticonEmoticon