Rabu, 02 Desember 2015

ANJING PRAIRE, HEWAN PENGERAT BERSUARA ANJING

Anjing praire sebenarnya bukan jenis anjing melainkanjenis binatang pengerat seperti marmut. Karena suaranya mirip anjing maka para pemukim kulit putih pertama di Amerika menyebutnya anjing praire. Anjing praire hidup secara berkoloni yang biasanya terdiri dari seekor jantan dengan banyak betina. Ukuran tubuh anjing praire mencapai 40 cm dengan berat 1,5 kg. Penyebarannya mulai dari Amerika, Canada dan Mexico. Makanan mereka adalah aneka sayur dan buah-buahan. Lubang bawah tanah yang merupakan kota anjing praire luasnya bisa mencapai 64.000 km persegi.
Anjing praire selalu memotong rumput di depan mulut lorong agar tetap pendek dan tidak menghalangi pandangannya sehingga ia leluasa mengawasi kedatangan musuhnya. Predator anjing praire yaitu serigala, burung hantu tanah, rubah, cerpelai elang dan ular. Pemangsa yang cukup kecil mampu memasuki sarangnya.
Anjing praire terancam karena dianggap menjadi saingan ternak. Para peternak meracuninya karena anjing praire dianggap menghabiskan rumput untuk ternak. Lubang-lubang terowongannya juga membuat kaki ternak patah karena terperosok ke dalamnya.
Anjing praire dapat mengeluarkan suara meskipun bukan menggonggong. Suara tersebut berguna untuk berkomunikasi antar sesamanya baik untuk memanggil atau memperingati yang lain jika ada bahaya yang mengancam.
Jika bertemu sesama anjing praire, mereka seperti berciuman. Semakin dilihat oleh banyak orang, hewan ini semakin menunjukkan kemesraan bersama pasangan atau temannya dengan cara berciuman dan berpelukan makin erat, saling menyentuh dan mencium, serta sedikit berkelahi. Kadang, ciuman juga disertai belaian dan pelukan.


Gambar. Anjing praire yang bertemu dengan sesamanya
Anjing praire memang lucu. Kita bisa memeliharanya sebagai hewan peliharaan karena anjing praire mudah bersosialisasi dengan kita. Selain itu juga bisa mengerti untuk datang mendekat jika dipanggil. Namun jika ingin memeliharanya, sebaiknya jangan langsung di tanah. Hewan ini pintar mengali sampai kedalaman 5 meter dan membuat terowongan sampai 30 meter. Jadi, kalo memelihara langsung dalam tanah hewan ini bisa lepas. (penulis: Hotimah)


EmoticonEmoticon